8 Hal Wajib Dilakukan Bagi Yang Baru Beli dan Punya iPhone


Baru saja punya iPhone? Yeah, selamat bergabung! Kali ini Saya akan membagi informasi penting tentang apa saja yang harus kamu lakukan, setelah memiliki iPhone. Tips-tips di bawah ini kami tujukan buat kamu yang baru pertama kali punya iPhone dan tidak tahu harus melakukan apa ya jadi, simpan halaman ini di bookmark kamu – buat yang sudah punya juga tetap bisa belajar melalui artikel ini kok.
Berikut ini apa saja yang harus kamu lakukan setelah membeli iPhone terbaru:

1. Install iTunes terbaru di komputer



Apple membuat iTunes tidak hanya sebagai sebuah aplikasi pemutar musik dan berbelanja di iTunes Store. Bila kamu menggunakan perangkat iOS, iTunes berguna untuk mengorganisir file pada iPhone. Antara lain melakukan backup, menambah dan menghapus lagu, video, foto, aplikasi, dan banyak hal lainnya.
Sebetulnya langkah menginstall iTunes bisa kamu lakukan nanti, semisal kamu membeli iPhone di sebuah toko dan ingin segera mengaktfikannya, silahkan lewati langkah ini dan menuju poin kedua. Kamu bisa mengunduh iTunes pada laman Apple ini.

2. Aktivasi perangkat iOS




Setelah membuka iPhone dari kardusnya lakukan aktifasi untuk mainan baru kamu tersebut. Masukkan sim card ke dalam iPhone. Posisi lubang kartu sim ada di sisi kanan bagian bezel, pergunakan kartu sim opening tool yang ada di dalam kardus. Perlu diingat bahwa generasi perangkat iOS terbaru sudah menggunakan Nano SIM.
Lalu, nyalakan iPhone dan kamu akan menjumpai welcome screen. Tunggu beberapa saat hingga iPhone mengenali kartu sim yang kamu berikan lalu, lakukan slide ke kanan pada bagian yang bertuliskan slide to set up untuk mulai mengatur beberapa hal awal seperti:
  • Pengaturan bahasa dan lokasi
  • Pilih jaringan wifi (kamu bisa memilih tidak tersedia jaringan)
  • Aktivasi location service
  • Set Up Your iPhone (pilih Set Up New iPhone bagi kamu yang belum pernah menggunakan iPhone atau tidak punya backup file dari iPhone sebelumnya di iTunes)
  • Login Apple ID (kamu bisa membuatnya di menu ini dengan memilih Create a Free Apple ID atau nanti saat menggunakan iTunes di komputer sehingga lebih mudah)
  • Aktivasi iCloud, Find My iPhone, set up Touch ID (untuk iPhone 5s) dan terakhir membuat passcode.
  • Aktivasi Siri, setelah itu kamu akan mendapat welcome screen bertulisan Welcome to iPhone dan Get Started pada bagian bawah yang bisa kamu tekan untuk masuk ke home screen.

3. Membuat Apple ID



Setelah iPhone selesai diaktifasi di tempat membeli misalnya, kamu bisa membuat iTunes ID di komputer (MakeMac sudah pernah membuat artikel mengenai cara membuat Apple ID tanpa kartu kredit).
Selanjutnya, pergunakan akun tersebut untuk login di iPhone dari aplikasi Settings – iTunes & App Store dan jangan lupa, sebelum melakukan hal tersebut, pastikan iPhone terkoneksi dengan internet. Lalu login di menu iCloud lewat Settings – iCloud menggunakan email yang sama dengan Apple ID kamu.

4. Setting dan Sinkronisasi Perangkat iOS



Apple membuat perangkat iOS dan iTunes di komputer bagai tak terpisahkan. Pengaturan di iPhone seperti memasukkan aplikasi, lagu, video, file-file lain harus melalui iTunes. Backup atau membuat salinan konfigurasi yang kamu lakukan juga dilakukan menggunakan iTunes. Sama halnya dengan restore yaitu memformat ulang iPhone, kamu juga harus menggunakan software bergambar tangga nada tersebut.

5. Konfigurasi iCloud



Cloud Service buatan Apple yang diberi nama iCloud ini sangat membantu kamu dalam sinkronisasi beberapa hal dari perangkat iOS kamu dengan komputer. Sebagai contoh kamu bisa menambahkan kontak teman-teman kamu di website iCloud melalui komputer dan secara otomatis, kontak itu akan muncul bersamaan di perangkatmu yang lain.
Aktifkan iCloud pada iPhone melalui aplikasi Settings – iCloud. Opsi yang dapat kamu aktifkan yaitu: Mail, Contatcs, Calendars, Reminders, Safarai, Notes, Passbook, Keychain, Photos, Document & Data dan Find My iPhone.

6. Konfigurasi Find My iPhone dan Fitur Keamanan Lainnya



Pengaturan berikutnya adalah mengamankan perangkat iOS kamu. Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah mengaktifkan Find My iPhone dari menu iCloud. Fitur ini berguna apabila kamu kehilangan iPhone dan ingin melacaknya atau mengunci dari jarak jauh via remote.
Kedua, aktifkan passcode. Passcode adalah kombinasi angka yang harus kamu masukkan di lock screen agak tangan-tangan jahil tidak bisa mengakses iPhone milikmu. Aktifkan passcode dari aplikasi Settings – iCloud – Find My iPhone
Ketiga, aktifkan Restrictions. Fitur ini berfungsi untuk membatasi akses beberapa aplikasi bawaan Apple agar lebih aman. Sebagai contoh salah satu manfaat Restrictions adalah kamu bisa mematikan akses untuk menghapus aplikasi, menggunakan Facetime, menggunakan fitur In-App Purchaces. Aktifkan fitur ini dari aplikasi Settings – General – Restrictions. Saat awal kamu masuk akan ada tampilan untuk memasukkan password. Jangan bingung menginngat-ingat, ini adalah input password baru untuk mengatur Restrictions.

7. Pelajari Aplikasi Bawaan



Pengaturan dasar sudah selesai. Sekarang saatnya kamu mempelajari dan menggunakan aplikasi bawaan. Coba pelajari Safari, Mail, App Store, Camera dan beberapa aplikasi bawaan kamu lainnya.

8. Unduh Aplikasi Yang Kamu Perlukan di App Store



Setelah kamu merasa cukup untuk mempelajari aplikasi bawaan dan mulai merasa butuh tambahan aplikasi, segera unduh di App Store. Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk perangkat iOS dari iTunes Store pada perangkat komputer lalu melakukan sync. Cara lain adalah langsung di perangkat iOS menggunakan App Store.
Banyak aplikasi menarik dan dibanderol dengan harga murah bahkan gratis di App Store. Tim MakeMac juga sering menginformasikan beberapa aplikasi menarik dan gratis di laman ini.Gunakan aplikasi yang kamu butuhkan dan atur di home screen kamu agar lebih mudah mencarianya saat kamu ingin menggunakannya. Selamat menggunakan iPhone ya.

Akhir Kata

Sama sekali tidak sulit menggunakan dan mempelajari iPhone. Apabila kamu sudah mahir menggunakannya, kamu tidak akan ingin lagi beranjak ke platform yang lain. Malah beberapa teman saya memiliki kecenderungan membeli produk Apple yang lainnya.


Comments

Popular Posts